diposkan pada : 13-11-2015 21:35:50

Manfaat dan Kelebihan susu kambing di banding susu sapi dan hewan ternak lainnya:

1. Susu kambing memiliki banyak nutrisi / gizi dan lebih cocok untuk tubuh manusia dari pada susu sapi karena komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan ASI sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia seperti ASI dan memiliki karakteristik gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Susu kambing adalah salah satu obat terbaik untuk membangun kembali jaringan otak, sel-sel tubuh, sistim saraf, dan kemampuan mental dan merupakan resep rahasia orang-orang yang berumur panjang hingga 100 tahun lebih di beberapa negara maju di dunia. Salah satunya di daerah Ikaria – Yunani.

3. Susu kambing bersifat Basa, tidak seperti susu sapi yang bersifat asam. Susu kambing sangat baik untuk Maag Kronis, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah masalah yang diakibatkan kelebihan zat asam tubuh lainnya seperti kelelahan, gusi dan masalah gigi, kecenderungan sering sakit, nyeri, sakit kepala, peradangan dan penuaan dini.

4. Susu Kambing Homogen secara alami karena tidak mengandung agglutinin yang membuat lemak dalam susu sapi terpisah dengan komponen lainnya. Karena adanya agglutinin tersebut, susu sapi harus melewati proses homogenisasi supaya homogen. Homogenisasi ini menyebabkan keluarnya radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, dan kanker.

5. Kandungan Alfa s1 kasein (penyebab utama terjadinya alergi jika minum susu sapi) yang kurang seperti ASI sehingga susu kambing hypoallergenic secara alami.

6. Susu kambing memiliki banyak oligosakarida dengan komposisi yang mirip dengan ASI. Oligosakarida ini bertindak sebagai Prebiotik dan merupakan bahan makanan Bakteri yang menguntungkan (Probiotik) dalam tubuh sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mengurangi peradangan usus dan memberikan kontribusi pada pemulihan mukosa usus besar yang rusak.

7. Kadar laktosa susu kambing yang lebih rendah dan tidak menyebabkan intoleransi laktosa dengan gejala seperti: diare dll.

8. Susu Kambing mengandung asam lemak esensial seperti Asam Arakhidonat (AA) dan Asam Linoleat (LA). Dan mengandung lebih banyak asam lemak rantai sedang / Medium Chain Trygliserid (MCT) yang banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti mengurangi kolesterol, sumber energi yang cepat dan tidak disimpan sebagai lemak tubuh, malabsorpsi, epilepsi pada anak dll.

9. Ukuran globul-globul lemak yang lebih kecil dan struktur protein yang berbeda dan mengandung lebih banyak asam amino esensial dari pada susu sapi, sehingga lemak dan protein susu kambing lebih mudah dan cepat di cerna oleh tubuh dan jarang sekali menyebabkan reaksi alergi

10. Kaya akan kalsium dan fosfor yang mudah diserap sehingga sangat baik untuk perbaikan dan pembentukan tulang.

11. Susu Kambing mengandung lebih banyak selenium, yang merupakan mikronutrien penting yang berkontribusi terhadap pertahanan antioksidan dan untuk pencegahan penyakit degeneratif dll.

12. Susu sapi menyebabkan produksi lendir (dahak) sehingga menyebabkan gangguan sistem pernapasan manusia, sedangkan susu kambing tidak memproduksi lendir dan dapat menetralisir lendir berlebih.

13. Susu Kambing tidak toxin dari pada susu sapi. Sapi banyak yang disuntik hormon pertumbuhan, hormon untuk meningkatkan produksi susu dan antibiotik yang berbahaya bagi manusia. Sedangkan kambing dibudidayakan secara organik di daerah-daerah pedesaan dan relatif tahan terhadap penyakit.

14. Susu Kambing mengandung lebih banyak vitamin A dan tidak dalam bentuk beta karoten seperti pada susu sapi, sehingga susu kambing warnanya lebih putih dari pada susu sapi.

15. Susu Kambing mengandung lebih banyak Vitamin B3 dan B6 dan lebih rendah untuk asam folat dan B12 sehingga membutuhkan asupan dari pangan lain seperti buah (jeruk), sayur (bayam) dan telur.

16. Susu Kambing dapat meningkatkan penggunaan gizi zat besi dan meningkatkan regenerasi hemoglobin.

17. Susu Kambing mengandung lebih banyak Kalsium, Fosfor, Kalium, Zat besi, Tembaga, Magnesium, Mangan dan Selenium (anti oksidan), Susu kambing memiliki tingkat sebanding Seng dan Natrium.

Artikel lainnya »